Tujuan Electronic Direct Marketing bagi Bisnis

Electronic Direct Marketing

Tujuan Electronic Direct Marketing - Pernahkah anda mendengarkan orang-orang berbicara seputar EDM?. Jika anda mencarinya di Google pasti akan menampilkan EDM yang berarti electronic dance music. Namun EDM yang dimaskud dan dijelaskan dalam artikel kali ini, bukanlah electronic dance music.

Kepanjangan EDM adalah Event Driven MarketingElectronic Direct MarketingEmail Direct Marketing ataupun Electronic Direct Mail.

Electronic Direct Marketing digunakan untuk menjalin hubungan secara personal dengan pelanggan, ketika hubungan penting atau besar terjadi, dan hal ini dapat diidentifikasi. Dimana ketika hubungan tersebut dapat mengubah perilaku dan pemikiran dari pelanggan.

Seorang marketer, harus mempunyai kemampuan social engineering, banyak pengetahuan, informasi dan memahami betul tentang pelanggannya, maka hasilnya dia bisa memberikan penawaran yang lebih relevan dan tepat waktu. 

Saat kita berbicara tentang EDM dalam artian electronic direct marketing atau email direct marketing, kita berpikir pada sebuah alat pemasaran untuk berkomunikasi melalui sebuah pesan komersial kepada pelanggan potensial, pelanggan yang sudah dimiliki, dan member atau bisa juga disebut subscriber yang sudah dimiliki melalui email mereka.

Electronic Direct Mail berarti pemasaran melalui email atau email marketing. Secara istilah pemasaran secara langsung melalui pesan komersial kepada pelanggan menggunakan email.

Pesan yang disampaikan, seperti iklan, penawaran, permintaan bisnis, ajakan untuk kerjasama penjualan, sumbangan dan lain sebagainya. Namun lebih seringnya berisi sebuah penawaran dan ajakan sebuah produk.

Tujuan Electronic Direct Marketing (EDM)

  • Untuk meningkatkan hubungan dengan membangun brand awareness (agar merek lebih dikenal)
  • Untuk membangun kepercayaan dan loyalitas serta untuk mendorong bisnis agar bisa berkembang, seperti misalnya pelanggan yang selalu tertarik untuk membeli apapun yang ditawarkan.

Electronic Direct Marketing dipakai ketika suatu bisnis membuat sebuah iklan dengan pesan email yang dikirim oleh perusahaan kepada pelanggan mereka. Email yang dikirim biasanya langsung dikirimkan secara personal atau disebarkan ke banyak orang/pelanggan sekaligus.

Electronic Direct Marketing cukup efektif untuk menciptakan minat orang lain terhadap produk dan layanan yang ditawarkan, menjaga hubungan bisnis dengan para pelanggan potensial sehingga mereka tidak ragu dan siap untuk membeli, dan bahkan pelanggan dapat melakukan repeat order.

Email yang dikirimkan biasanya dilakukan secara berkala dan berkelanjutan, hal ini terkadang bisa membuat pelanggan menjadi bosan dan terkadang kesal dengan email yang mereka terima secara terus menerus, oleh karena itu pihak yang membuat EDM harus sebisa mungkin menciptakan email yang tidak membosankan, termasuk dengan merancang email tersebut semenarik mungkin, baik desain maupun isinya.

K4ncu1
K4ncu1 I am abnormal human and tech enthusiast. I'm also a cyber nomad who loves to explore how cyberspace works.

Posting Komentar untuk "Tujuan Electronic Direct Marketing bagi Bisnis"